Sabtu, 03 Desember 2011

Monumen PKI Madiun

Apabila Anda berkesempatan mengunjungi kota Gadis atau yang lebih di kenal dengan kota Madiun, tak ada salahnya jika anda mengarahkan kendaraan bermotor ke Monumen Kresek yang berlokasi sekitar 8 km dari kota Madiun. Tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
 Lokasi ini merupakan saksi bisu didalam ganasnya para anggota PKI, dimana pada waktu itu para anggota TNI dan pamong desa dibantai dan disiksa dengan biadab oleh PKI pada tahun 1948. Kolonel Marhadi adalah prajurit TNI berpangkat tertinggi yang gugur dalam pertempuran desa Kresek, namanya lalu diabadikan menjadi salah satu nama jalan di kota Madiun dan didirikan pula patungnya di alun-alun kota Madiun sebagai bentuk penghormatan.
Monumen Kresek adalah monumen bersejarah yang merupakan peninggalan dan sebagai saksi atas terjdinya Peristiwa Madiun. Lokasi peninggalan sejarah dengan luas 2 hektar ini, berada 8 km ke arah timur dari kota Madiun dan terdiri dari monumen dan relief peninggalan sejarah tentang keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun. Dimana peristiwa terjadinya gerakan 30S-PKI di kota Madiun yang dipimpin oleh Musso, yang telah menewaskan ribuan orang tak berdosa khususnya tentara.karena tempatnya yang sejuk dan nyaman sering kali PEMKOT Madiun menggunakan Monumen ini untuk Jambore Tngkat Kabupaten Madiun dan juga untuk melestarikan alam, di sekitar lingkungan monumen pada tahun 2004 diadakan penanaman tanaman buah-buahan di bagian barat oleh peserta jambore yang diikuti seluruh SD,MI dan SMA Se Kabupatan Madiun.para penduduk dan tentara yang di bantai pada zaman dahulu binasukkan di lubang buaya.dahulu di dalam lubang buaya tersebut barah yang menggenang mencapai 1Cm.Supaya menjaga keaslian lubang buaya maka di buatlah relief yang menutupi bibir sumur.selain itu bi bagia lantai atas terdapat patung para pelajar dan sosok patung yang mencerminkan penindasan pada zaman dahulu.Di sekelilingnya terdapat relief-relief yang menceritakan kejadian masa lalu.Setiap liburan tiba banyak wisatawan-wisatawan yang datang kesana untuk berekreasi menikmati keindahan alam.Adapun fasilitas wisata yang ada di tempat ini, antara lain, pendopo tempat istirahat, taman tanaman langka dan dilengkapi pula areal parkir. Di lokasi ini juga terdapat warung-warung dan pendopo untuk beristirahat, toilet umum pun tersedia. Pada hari-hari biasa keadaan di monumen ini relatif sepi, sedangkan pada akhir minggu dipastikan ramai. Di dekat monumen ini juga terdapat prasasti batu yang mengukir nama-nama prajurit TNI dan pamong desa yang gugur dalam pertempuran melawan PKI di desa Kresek maupun karena dibantai oleh PKI .


One Response so far.

  1. Unknown says:

    weleh" cocok!!!

    sigin ndhek blog q ya!!!

    tarunapink.blogspot.com

Leave a Reply